Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi mengadakan Webinar Nasional Edukasi 'Fraud Detection Audit in Public Sector'

 

Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi mengadakan Webinar Nasional Edukasi 'Fraud Detection Audit in Public Sector'

 

 

Kamis, 23 Desember 2021, Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang mengadakan acara Webinar Edukasi bertema “Fraud Detection Audit in Public Sector”. Tema ini di angkat dengan tujuan diharapkan mahasiswa dapat memahami cara mendeteksi kecurangan yang terjadi pada auditor dan dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam tindakan pencegahan kecurangan pada auditor, agar mampu menjadi generasi penerus bangsa yang profesionalitas dan berdedikasi tinggi.

Webinar Edukasi ini dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2021 pada pukul 09.00 hingga 11.00 melalui aplikasi Zoom. Walaupun sedikit kendala pada jaringan, alhamdulillah acara kali ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapat partisipasi yang luar biasa dari para peserta. Dan juga dukungan dari para dosen Ekonomi yang membuat panitia lebih bersemangat untuk mensukseskan acara.

Acara ini dipandu oleh pembawa acara Miftakhul Rohma mahasiswi Akuntansi Unhasy dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Unhasy, sambutan dari Ketua Prodi Akuntansi Unhasy oleh Ibu Dwi Ari Pertiwi, SE., S.Pd., MM. yang sekaligus meresmikan pembukaan acara.

Selanjutnya acara dipandu oleh Nur Dhafarina Zatil Ismah mahasiswi Akuntansi Unhasy selaku moderator. Materi dipaparkan oleh Ibu Gusti Dian Prayogi SE.,M.Ak.,CISA.,CIBA.,CERA.,HS. Beliau merupakan CEO of Syco Management Solutions, Dosen STIE Yapan Surabaya, Auditor Internal Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Indikasi terjadinya kecurangan dapat diketahui melalui pengungkapan penyajian pada laporan keuangan yang berbeda dari kondisi yang sebenarnya. Hal ini dilakukan secara sengaja oleh pelaku kecurangan dan tindakan tersebut bertujuan untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau untuk mendapatkan informasi yang tidak seharusnya sehingga tindakan tersebut dapat menimbulkan kerugian bagi pihak lain.


Kecurangan yang terjadi di organisasi meliputi pertama penyalahgunaan aset, kedua kecurangan laporan keuangan, dan ketiga korupsi. Keahlian dan kompetensi yang memadai seorang auditor sangat diperlukan untuk mendeteksi adanya kecurangan. Seorang auditor dituntut untuk kreatif dan intuitif dalam merespon tindakan kecurangan dengan mencari, mendeteksi, dan mengungkapkan kecurangan.


Sikap auditor dalam mempertanyakan segala sesuatu yang berhubungan dengan gejala-gejala adanya kecurangan sangat diperlukan. Sikap konsisten dan profesionalisme dibutuhkan oleh auditor untuk mengidentifikasi perilaku kecurangan terkait penipuan yang terjadi.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan Tanya jawab. Acara berakhir pada pukul 11.00 WIB dan ditutup oleh Pembawa Acara. Tentunya akan diberikan e-sertifikat untuk seluruh partisipan.

 

 

 

       
   
 
 

 

© Copyright Pusat Data Dan Teknologi Informasi (PDTI) 2017.