KUNJUNGAN STUDI VIRTUAL KEMENTERIAN KEUANGAN DI FAKULTAS EKONOMI UNHASY “Optimisme Ekonomi Indonesia Melalui Strategi APBN Indonesia 2022”

 

Jombang – Selasa, 19 April 2022 Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari bekerjasama dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia kembali mengadakan studi kunjungan virtual  dalam rangka memberikan edukasi mengenai kebijakan di bidang keuangan dan kekayaan negara bagi Civitas Akademika Universitas Hasyim Asy’ari.

Adapun tema yang diangkat yakni “Optimisme Ekonomi Indonesia Melalui Strategi APBN Indonesia 2022”, Acara dilaksanakan secara virtual melaui  aplikasi Zoom Cloud meeting  dan diikuti kurang lebih 167 partisipan. Acara diawali dengan sambutan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang yaitu Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E. Beliau menyambut dengan antusias acara virtual dari Kementerian Keuangan, besar harapan acara ini bisa menguatkan pemahaman mahasiswa dan seluruh civitas akademika Universitas Hasyim Asy’ari. Setelah itu dilanjutkan sambutan dari Bapak Rezha Amran dari Kementerian Keuangan.

Studi Virtual yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan tersebut berjalan dengan lancar dengan pemateri yaitu Bapak Noor Iskandarsyah selaku Analis Kebijakan Ahli Madya - Badan Kebijakan Fiskal dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Materi inti disampaikan oleh Bapak Noor Iskandarsyah, dari Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, beliau meyampaiakan pentingkan kebijakan fiskal dalam pengelolaan anggaran pendapatan negara  dengan landasan pasal 23 ayat 1,  Undang- Undang 17 tahun 2003 tentang keuangan Negara tentang menteri keuangan sebagai pengelola fiskal. Peran Fiskal terdiri dari tiga  alokasi, distribusi dan stabilisasi. Peran APBN pada masa pandemi covid 19 yakni difokuskan untuk penyelamatan masyarakat, pemulihan dan reformasi penguatan kondisi ekonomi. Pada tahun 2020 ada kebijakan extraordinasy policy, reoening policy sebagai bentuk pemberian stimulus. 2021-2022 recovery dan reformasi policy antara lain penanganan pandemi dan vaksinasi, dan transformasi melalui revormasi, 2023 fiscal consolidation , fiskal diharapkan kembali defisit maksimal 3%, debt ratio diupayakan menurun, dan resiko utang terkendali.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan kembali menuju trajectory pertumbuhan jangka menengah dan didukung stabilitas makro ekonomi, dengan penyusunan dan aplikasi APBN melalui sasaran dan indikator pembangunan. Resiko global mengalami peningkatan khususmya didorong ekskalasi tensi geopolitik antara lain ancaman geopolitik dan perang, kenaikan harga komoditi,  Dengan berbagai kebikajan normalisasi moneter APBN hadir sebagai penentu kesuksesan konsolidasi keuangan pada tahun 2023, APBN kembali harus bekerja keras menjadi shock absorver  atas berbagai gejolak dan tekanan global sekaligus sebagai pondasi kebijakan keuangan untuk menjaga daya beli masyarakat.

Selama penyampaian materi, mahasiswa sangat antusias karena dengan adanya kunjungan studi virtual ini mereka dapat lebih memahami tentang Optimisme Indonesia Melalui Strategi APBN Indonesia 2022. Antusiasme para mahasiswa dapat dilihat dari keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaan, dan sesi tanya jawab. Tidak hanya mahasiswa, penyampaian dari pemateri juga dapat menjadikan pengetahuan baru dan bermanfaat bagi mahasiswa maupun dosen. Sehingga melalui kunjungan studi virtual ini harapannya para mahasiswa termotivasi untuk bisa belajar lebih dalam terkait Optimisme Indonesia Melalui Strategi APBN Indonesia.

Oleh : Wina dan Meita