Kunjungan Virtual Kementerian Keuangan di Fakultas Ekonomi UNHASY mengusung tema laporan keuangan sebagai pertaggungjawaban pelaksanaan APBN

 

Kunjungan Virtual Kementerian Keuangan di Fakultas Ekonomi UNHASY mengusung tema laporan keuangan sebagai pertaggungjawaban pelaksanaan APBN

Jombang, 22 Februari 2022

Kunjungan virtual kementerian yang dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari ini merupakan salah satu program untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai bidang tugas Kementerian Keuangan serta kebijakan di bidang keuangan dan kekayaan negara, tanpa dipungut biaya, dengan menggunakan platform video conference/webinar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dengan diikuti 268 peserta dari seluruh civitas akademika universitas Hasyim Asy’ari khususnya Fakultas Ekonomi. Diawali dengan video sambutan dari menteri keuangan Republik Indonesia ibu Sri Mulyani, Kepala Sub Bagian Edukasi Publik, Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Bapak Rezha Sahhilny Amran,  kemudian dilanjutkan sambutan dari rektor Universitas Hasyim Asy’ari Prof. Dr. H. Haris Supratno. Beliau menyambut baik dan mengapresiasi terlaksananya acara ini dan berharap dapat berkelanjutan agar mahasiswa khususnya memperoleh mengalaman terbaik langsung dari narasumber yang dalam hal ini dari kementerian keuangan.

Narasumber/Pemateri: Analis Penyusunan Laporan Keuangan Junior, Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, DJPB, Bapak Raden Adiguna Prabowo, S.S.T., M.Acc. Inti materi yang disampaikan yaitu tentang laporan keuangan sebagai pertaggungjawaban pelaksanaan APBN, dimana disampaikan terdapat 5 urgensi akuntabilitas APBN, yang pertama yaitu wujud pertanggungjawaban pelaksanaan APBN, kedua dasar pengambilan kebijakan, ketiga komunikasi capaian pembangunan kepada masyarakat, keempat meningkatkan kepercayaan publik kepada pemerintah, kelima komitmen pemerintah melaksanakan good governance. Selain itu disampaikan pula siklus APBN dan peran kementerian keuangan yaitu perencanaan dan penganggarana, tahap pembahasan, penetapan APBN, Pelaksanaan APBN, pelaporan dan pencatatan APBN, pemeriksaaan dan pertanggungjawaban.

Animo peserta sangat baik dalam mengikuti acara tersebut, terbukti dari keaktifan peserta dalam kegiatan tanya jawab dan sesi kuis yang dilakukan. Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Tony Seno Aji, S.E, M.E yang turut hadir dalam acara tersebut juga mengapresiasi dan terbuka untuk berbagai kegiatan maupun kerjasama positif bersama Fakultas Ekonomi.

 

(By: LA)