Pelaksanaan KKNT di Masa Covid 19 oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari

 

Tebuireng, 1 Oktober 2020,
Pandemi covid 19 yang melanda dunia dan juga Indonesia mempengaruhi berbagai aktifitas masyarakat dan semua bidang kegiatan. Tidak hanya bidang ekonomi, bidang pendidikan juga terkena imbas pandemi ini, mulai dari perubahan pembelajaran yang dialihkan menjadi pembelajaran daring sampai pelaksanaan WFH (Work From Home).

Pembatasan aktifitas dan masyarakat ini turut mempengaruhi kegiatan KKNT yang dilakukan oleh Universitas Hasyim Asy’ari ( UNHASY) Tebuireng Jombang, yang pada awalnya mahasiswa harus terjun secara langsung dan berbaur dengan kehidupan masyarakat tujuan KKNT, pada saat ini harus dilaksanakan secara daring di tempat tinggal masing masing mahasiswa.

Fakultas Ekonomi merupakan salah satu Fakultas di Universitas hasyim Asy’ari yang melaksanakan program KKNT daring ini. Dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu kelompok 22 dan kelompok 23, dengan masing masing anggota kelompok berjumlah 21- 22 orang mahasiswa. Dengan pembimbing KKNT yaitu Ibu Lik Anah, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing kelompok 22 dan Bapak Mahfudiyanto, S.Pd, S.Kom sebagai pembimbing kelompok 23 KKNT dari Fakultas Ekonomi Unhasy ini.

Ada 5 program yang ditawarkan untuk dapat dijadikan sebagai program kerja KKNT di masa covid ini. Program yang pertama yaitu Program Pembagian Sembako. Pada program yang pertama ini mahasiswa melakukan survei masyarakat desa yang akan menerima paket sembako ini. Beberapa desa yang telah dipilih oleh mahasiswa yaitu desa Diwek Kecamatan Diwek, Desa Jogoroto Jombang dan beberapa desa lainnya.

Program yang kedua yaitu KKN Program Pembuatan dan Pendistribusian Alat Pelindung Diri (APD). Sama dengan program sebelumnya mahasiswa harus menentukan masyarakat tujuan yang akan dibagikan APD ini. Bentuk APD yang dibagikan oleh mahasiswa yaitu berupa masker sejumlah minimal minimal 90 buah masker dan hand sanitizer, dimana mahasiswa tidak hanya membeli dan mendistribusikan APD ini, tetapi juga ikut seta membuatnya.

Program KKNT ketiga yaitu KKN program pendampingan pembelajaran daring untuk pencegahan covid-19 bagi siswa RA/ TK/ PAUD/ SD/ MA/ SMA/SMK. Melalui program ini mahasiswa membantu siswa sasaran tersebut untuk menyesuikan diri dengan system pembelajaran daring ini dengan tidak lupa memberikan edukasi kepada siswa untuk menerapka  protocol kesehatan dengan tepat. Belajar dalam lingkungan pondok pesantren, membuat mahasiswa berusaha menyesuikan program ini dengan kegiatan keagamaan, misalnya melakukan pendampingan pembelajaran di TPQ.

Program keempat yaitu menjadi relawan desa tangguh, bentuknya yaitu bisa menjadi relawan pencegahan covid 19 di desa masing masing dan melakukan sosialisasi dan edukasi melakuka protocol kesehatan dengan baik baik dan benar. Salah satu yang menarik dalam kegiatan ini adalah beberapa mahasiswa yang menjadi santri melaksanakan program menjadi relawan covid 19 di pondok pesantren tempat mereka tingga saat ini.

Program yang terakhir yaitu KKN program edukasi pencegahan covid-19 bagi masyarakat. Hampir sama dengan program keempat diatas, program kelima ini dapat dilakukan dengan melakukan penyuluhan, edukasi kepada masyarakat untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat dan melaksanakan protocol kesehatan. Bentukya dapat berupa membuat poster ataupun menghubungi masyarakat untuk selalu mengingatkan agar menerapkan protocol kesehatan dengan tepat dan ketat.

Secara keseluruhan, program KKNT di masa covid oleh mahasiswa Fakultas ini disambut dengan baik oleh masyarakat dan mahasiswa. Masyarakat mengaku senang dan sangat terbantu dengan kegiatan ini, seperti yang diungkapkan oleh salah satu warga bahwa,” mahasiswa Unhasy sangat membantu sekali, semoga dilancarkan studinya dan selalu berkah,”.

(By: LA)

© Copyright Pusat Data Dan Teknologi Informasi (PDTI) 2017.