Gema Tausyah OJK bersama Fakultas Ekonomi UNHASY dan PT.BPRS Lantabur Tebuireng

 

Tebuireng, 12 Oktober 2020

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 4 Jawa Timur menyelenggarakan webinar bertajuk Gema Tausyah (Generasi Milenial Cinta Keuangan Syariah) dengan tema pilihan cerdas mengelola keuangan penuh berkah. Acara tersebut bekerjasam dengan PT. BPRS lantabur Tebuireng dan Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari sebagai pelaksana acara.

Acara tersebut dihadiri oleh 368 (tiga ratus enam puluh delapan) peserta yang terdiri dari mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY), mahasiswa eksternal kampus, PT. BPRS lantabur, OJK KR 4 Jawa Timur dan peserta umum. Narasumber yang hadir dalam acara tersebut yaitu Dr. Muhammad Nafik Hadi Riyandono, S.E, M.Si (Ketua Majelis Sarjana Ekonomi Islam), Ibu Wiwik Erly, MM, LCCC, ACC (Sharia Financial Coach dan Founder Early Finance.id) dan Bapak. Achmad Saeful Ghozi, S.Si (Direktur utama PT. BPRS Lantabur Tebuireng)

Webinar ini merupakan salah satu bentuk kegiatan edukasi keuangan syariah sekaligus diseminasi Buku Gaul Keuangan Syariah yang dibagikan kepada seluruh peserta dalam bentuk e book, dengan tujuan agar masyarakat umum dan generasi milenial khususnya dapat memahami dan menerapkan prinsip syariah dalam mengelola keuangannya.

Bapak Mulyanto Direktur Pengawasan LJK 2 dan manajemen startegis OJK regional 4 Jawa Timur dalam sambutannya menyampaikan bahwa inisiasi strategis pengembangan keuangan syariah di Jawa timur disampaikan dalam komitmen bersama pengembangan dan akselerasi ekonomi syariah antara OJK, Bank Indonesia dan pemerintah provinsi jawa Timur, dengan program kerjanya yaitu penguatan industry jasa keuangan syariah, pendalaman pasar keuangan syariah dan peningkatan akses keuangan syariah. Kemudian sambutan kedua disampaikan oleh rektor Universitas Hasyim Asy’ari yaitu Prof. Dr. H. Haris Supratno yang menyambut baik acara tersebut dan diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan.

 

Buku gaul Keuangan syariah ini merupakan seri buku literasi keuangan syariah setalah buku khutbah bisnis dan keuangan syariah serta Buku pintar keuangan syariah. Berisi 17 materi dakwah keuangan syariah untuk generasi millennial yang disusun bersama dengan elemen strategis Jawa Timur yaitu MUI, ADPASI, MES, MASEI, FORDEIS, FORDEBI, kementerian agama, UNAIR dan UNESA.

Memasuki inti acara diskusi, narasumber pertama bapak Dr. Muhammad Nafik Hadi Riyandono, S.E, M.Si menyampaikan bahwa ekonomi islam terbentuk melalui karakter atau system ekonomi yang meliputi nilai nilai ekonomi islam, pola piker ekonomi islam, perilaku ekonomi islam, kebiasaan atau budaya ekonomi islam dan system ekonomi islam itu sendiri. Dan tentang buku gaul keuangan syariah tersebut merupakan bentuk cara santuy mengenal keuangan syariah.

Narasumber kedua Ibu Wiwik Erly, MM, LCCC, ACC menyampaikan tentang dasar perencanaan keuangan syariah dimana perencanaan dan implementasi rencana keuangan sesuai dengan syariat islam, tentang kemampuan untuk dapat membedakan kebutuhan dan keinginan dan bagian terakhir tentang keuangan di masa depan yang berhubungan kegiatan investasi dengan berbagai resiko dan keuntungannya.

Narasumber ketiga yaitu Bapak. Achmad Saeful Ghozi, S.Si menyampaikan tentang pencapaian kinerja PT. BPRS Lantabur Tebuireng dan berbagai produk keuangannya. Selain itu beliau menyampaikan bahwa sudah saatnya generasi millennial untuk dapat mulai berhijrah ke bank syariah. Acara tersebut dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta yang sangat antusias dan diakhiri dengan kuis serta pembagian fasilitas serta hadiah yang telah disediakan.

(By: LA)

© Copyright Pusat Data Dan Teknologi Informasi (PDTI) 2017.