HMP Manajemen Gelar Webinar Online Kewirausahaan Nasional “Seminar On Young, Indepeendent and Creative Entrepreneur in Creating Bussines Ideas” Secara Virtual

 

HMP Manajemen Gelar Webinar Online Kewirausahaan Nasional “Seminar On Young, Indepeendent and Creative Entrepreneur in Creating Bussines Ideas” Secara Virtual

Fakultas Ekonomi Unhasy – Jumat, (17/12/2021), Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, menggelar Seminar Online Kewirausahaan “Seminar On Young, Indepeendent and Creative Entrepreneur in Creating Bussines Ideas”. Seminar Online Kewirausahaan ini merupakan salah satu program kerja dari HMP Manajemen FE Unhasy yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia. Agar program kerja dari HMP Manajemen terlaksana, sedangkan kondisi pada saat ini tidak memungkinkan sehingga acara seminar online ini diadakan secara virtual melalui media zoom meeting, peserta tidak dibatasi dari semua program studi, tidak hanya mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi saja, bahkan dari berbagai instansi di seluruh Indonesia.

Terhitung ada 165 pendaftar dari berbagai kalangan dalam jangka waktu promosi yang hanya beberapa hari. Meskipun ada sedikit kendala dalam signal dan jaringan, namun seminar online ini berjalan dengan lancar dari pukul 08.00 – 10.30 WIB. Acara dibuka oleh Pembawa Acara Maslukha, Mahasiswi Program Studi Manajemen Semester 3. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Unhasy dan sambutan-sambutan,sambutan pertama disampaikan oleh ketua pelaksana Nur Hidayah dari Mahasiswi Program Studi Manajemen Semester 3,kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Program Studi Manajemen Bapak Mahfudiyanto, S.Pd., S.Kom., M.M. sekaligus untuk membuka acara secara resm

Agar acara berjalan dengan lancar, dibuka dengan doa yang dipimpin oleh Imam Nasai Mahasiswa Manajemen Semester 3 berjalan dengan khusyuk dan khidmat. Dengan doa pengantar tersebut acara dimulai.

Selanjutnya, Laili Fitrianingsih, Mahasiswi Manajemen Semester 3 yang bertugas sebagai moderator memandu acara inti Seminar Online Kewirausahaan “Seminar On Young, Indepeendent and Creative Entrepreneur in Creating Bussines Ideas”. Materi pertama yang dipaparkan oleh bapak Mizanul Mutsla seorang digital marketer yang memilki bisnis dibidang digital marketing agency. Beliau memaparkan tentang bagaimana menggali potensi wirausaha yang dimiliki setiap generasi milenial dengan melihat kemampuan, hobi yang mereka miliki.

“Mungkin setelah ini ada yang membuka bisnis yang berawal dari kamar pondok” tutur beliau ditengah – tengah pemaparan materinya. Menurut beliau, sebuah bisnis dimulai dari sesuatu yang kecil dan mimpi yang besar. Dengan memahami contoh yang diberikan, langkah-langkah dalam menemukan potensi dalam diri, apa saya yang ingin kita capai, kita akan lebih mudah dalam memulai sebuah bisnis dan menjalankannya dan juga dengan memanfaatkan platform digital di era seperti ini, maka bisnis akan berjalan dengan lancar dan lebih mudah.

Banyak informasi penting yang dipaparkan beliau dimana merupakan kunci penting dalam berwirausaha yaitu “action”. Ketika kita sudah mempunyai ide, jangan stuck di ide harus ada tindak lanjut dari ide tersebut. Fokus, selalu kembangkan diri anda dan bangun value. Ketika mendapat hambatan dalam berwirausaha kita tidak boleh menganggap hal tersebut masalah, melainkan tantangan, sehingga kita tidak mudah pantang menyerah. Setiap ide yang dimiliki sebisa mungkin berbeda dan relevant dengan kebutuhan masyarakat. Memilih jenis usaha yang kita sukai atau sesuai dengan passion diri, karena jika kita suka kita tidak mudah menyerah. Juga harus direncanakan dengan baik seperti membuat business plan, memilih mentor, memilih partner yang tepat dan tepat dalam merencanakan keuangan.

 

Setelah pemaparan pemateri, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi atau tanya jawab. Antusiasme peserta membludak dengan banjiran pertanyaan untuk pemateri. Bahkan banyak pertanayaan yang tidak sempat terjawab, karena menyesuaikan waktu pemateri yang cukup padat. Closhing statement dari Ibu Lik adalah “ Sukses adalah bahagia, apabila anda belum bahagia berarti anda belum sukses”. Sedangkan closhing statement dari Ibu Wulan adalah “Rencanakan keuanganmu dengan baik, karena itu adalah kunci dari kesuksesan”. Closhing statemen dari pemeteri mengakhiri moderator pula untuk memandu berjalannya kuliah umum yang selanjutnya dipegang kembali oleh Master of Ceremony. Akhir acara yang ditutup oleh pembawa acara.






 

Pewarta : Natasya Ika

 

© Copyright Pusat Data Dan Teknologi Informasi (PDTI) 2017.