TINGKATKAN LITERASI PASAR MODAL, FAKULTAS EKONOMI ADAKAN SEMINAR NASIONAL PASAR MODAL

 

TINGKATKAN LITERASI PASAR MODAL, FAKULTAS EKONOMI ADAKAN SEMINAR NASIONAL PASAR MODAL

Fakultas Ekonomi – Minggu, 27 Februari 2022 Fakultas Ekonomi mengadakan seminar nasional pasar modal dengan tema “Investasi Cerdas di Era Digital Melalui Pasar Modal Indonesia’”. Acara ini diikuti oleh 250 peserta itu berlangsung dari pukul 13.30 s/d 16.00 WIB via zoom cloud meeting. Peserta tidak hanya dari kalangan mahasiswa Unhasy saja, tapi umum terbuka untuk mahasiswa dan masyarakat seluruh Indonesia.

Dalam rangkaian sambutan selama acara, menghadirkan Rektor Unhasy Prof. Dr. H. Haris Supratno; Dekan FE Unhasy Dr. Tony Seno Aji, SE., ME; Direktur Utama PT. Phintraco Sekuritas Jeffrey Hendrik, serta Direktur Pengawasan LJK2 dan MS OJK Kantor Regional 4 Jawa Timur Mulyanto.

Dirut PT. Phintraco Sekuritas menyampaikan “Acara edukasi seperti ini merupakan vaksinasi bagi masyarakat, agar masyarakat terlindungi dari maraknya model penghimpunan dana yang hanya mengarah pada spekulasi ataupun praktek-praktek illegal”

Hal ini juga selaras dengan penyampaian Bapak Mulyanto selaku Direktur Pengawasan LJK2 dan MS OJK Kantor Regional 4 Jawa Timur, dimana beliau menyampaikan bahwa masyarakat harus memegang dua hal utama dalam berinvestasi yaitu legal dan logis.

Di moderatori oleh Penanggung Jawab utama GI BEI FE Unhasy Choirun Nisful Laili, S.E., M.M, kuliah umum pasar modal itu diisi oleh Executive Trainer Kantor Perwakilan BEI Jawa Timur Dyan Fajar Mahardika, dan Head of Research PT. Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan.

Pada penyampaian materinya, Pak Fajar, sapaan akrab Executive Trainer Kantor Perwakilan BEI Jawa Timur menjelaskan secara umum tentang Pasar Modal. Dimulai dengan analogi pasar tradisional dan pasar modal, jenis produk, mekanisme dan juga para pihak selaku regulator di Pasar Modal Indonesia.

Ia juga menyebutkan, bahwa pasar modal memberikan banyak manfaat bagi stakeholder yang berada di dalamnya. Mulai dari masyarakat yang menciptaan lapangan kerja/profesi; bagi investor sebagai sarana investasi; bagi emiten seperti penyebaran kepemilikan ke seluruh lapisan masyarakat; bagi pengusaha sebagai sumber pembiayaan; dan bagi negara keterbukaan dan profesionalisme, serta membantu pertumbuhan ekonomi.

Sedangkan, Pak Valdy, sapaan akrab Head of Research PT. Phintraco Sekuritas menjelaskan secara rinci tentang menjadi investor sukses di era digital. Beberapa tips dibagikan untuk menjadi investor sukses, mulai dari bagaimana potensi pertumbuhan investasi di masa depan, pemahaman akan risiko investasi, pentingnya analisa dalam pengambilan keputusan, dan terakhir adalah manajemen psikologi investor khususnya dalam mencermati berbagai macam informasi yang sangat cepat tersebar karena kemudahan dari digitalisasi saat ini.

Penyelenggaraan acara ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi masyarakat untuk meningkatkan literasi investasi di Pasar Modal Indonesia. Selain itu acara ini juga merupakan acara penutup dalam peringatan ulang tahun ke-2 Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi sebagai salah satu laboratorium hasil Kerjasama resmi dengan PT. Bursa Efek Indonesia dan PT. Phintraco Sekuritas yang melayani masyarakat yang berminat menjadi investor di Pasar Modal.

 

By : NN